Tune Up Standar Motor Matic

A.    Prinsip Kerja Tune Up

Dalam pelaksanaannya bagian-bagian yang di periksa dalam system tune up mesin adalah sebagai kerikut :

1.      Oli Mesin

2.      System Pendinginan

3.      Saringan Udara (Air Filter)

4.      Tali Kipas (Van Belt)

5.      Battery

6.      Celah Katub

7.      Busi

8.      Kabel Tegangan Tinggi
9.      Karburator (jika ada)

        

B.    Contoh Langkah – langkah Tune Up Sepeda Motor HONDA BEAT FI

1.      Memperhatikan keluhan konsumen dan mengecek Km pada sepeda motor, ganti komponen yang sudah seharusnya diganti.

2.      Membuka cover yang berada dibawah jok

a)      Buka baut cover dengan menggunakan obeng kembang

b)      Taruh cover beserta baut cover ditempat yang aman dan bersih

c)      Setelah itu, cari DLC yang berwarna merah untuk memasukan alat Diagnostic Tool

3.      Memasang alat pendeteksi kerusakan (Diagnostic Tool/HIDS)


4.      Memperbaiki kerusakan yang terjadi

5.      Setelah semua selesai cek kembali semua komponen – komponen yang terpasang dan berfungsi dengan baik dan benar



B.     Memasang Alat Diagnostic Tool untuk Injection

1.      Colokan HIDS ke DLC motor HONDA BEAT FI yang berwarna merah

2.      Pastikan terpasang dengan baik dan benar

3.      Cek kerusakan yang terjadi pada sepeda motor



C.    Mendeteksi Kerusakan yang Terjadi / Membaca Kode MIL

Cara untuk mendeteksi kerusakan pada sepeda motor injection ini disebut dengan kode MIL (Malfunction Indicator Lamp). Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh), kedipan pendek bernilai 1 (satu).

Contoh: 

-          Jika ditemukan 7 kali kedipan pendek, maka nilai kode MIL tersebut adalah 7. Maka kerusakan yang terjadi adalah sensor EOT/ECT.

-          Jika ditemukan 2 kali kedipan panjang dan 1 kali kedipan pendek, maka nilai kode MIL tersebut adalah 20+1=21. Maka kerusakan yang terjadi adalah sensor O2.

1.      1 Kedipan       : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

2.      7 Kedipan       : Sensor EOT/ECT (Engine Oil / E­ngine Coolant Temperature)

3.      8 Kedipan       : Sensor TP (Throttle Position)

4.      9 Kedipan       : Sensor IAT (Intake Air Temperature)

5.      12 Kedipan     : Sensor Injektor

6.      21 Kedipan     : Sensor O2 (Oxigen sensor)

7.      29 Kedipan     : Sensor IACV (Idle Air Control Valve)

8.      33 Kedipan     : ECM (Engine Control Module)

9.      52 Kedipan     : Crank Shaft Potition

10.  54 Kedipan     : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

D.    Menyetel Ulang / Reset Kerusakan yang Terjadi

Setelah mengetahui kerusakan yang terjadi pada kendaraan saatnya kita melakukan langkah reset kode MIL, berikut langkah mereset kode MIL:



1.      Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu.

2.      Langkah Reset :

a)      Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi, baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)

b)      Matikan kunci kontak ke “ OFF  “

c)      Pasang DLC Shorts Connector

d)     Putar kunci kontak ke  “ ON “

e)      Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, artinya reset berhasil)

f)       Putar kunci kontak ke “ OFF  “

g)      Lepas DLC Shorts Connector

h)      Putar Kunci Kontak ke “ ON “

i)        Selesai

E.     Memeriksa RPM / Rotasi Putaran Mesin

Langkah selajutnya adalah memeriksa RPM, HONDA BEAT FI ini berstandar antara 1600-1800 RPM/menit. Jika RPM tersebut melebihi/kurang dari standar maka sebaiknya disesuaikan dengan standar pabrik.

F.     Standar Service Berdasarkan Km Sepeda Motor

Bagian dari sepeda motor ini tidak semuanya saat melakukan Tune Up itu diganti, hal yang dilakukan pertama saat melakukan Tune Up adalah mengecek semua kondisi bagian-bagian pada sepeda motor sesuai dengan Km yang terdapat pada Speedometer. Tindakan yang dicapai saat jarak tempuh :

1.      Jarak tempuh 2.000Km

 a)      Mengganti oli mesin

 b)      Mengecek Rotasi Putaran Mesin (RPM)

 c)      Membersihkan Air Filter

 d)     Membersihkan Injector

2.      Jarak tempuh 4.000Km

 a)      Mengganti oli mesin

 b)      Mengecek Rotasi Putaran Mesin (RPM)

 c)      Membersihkan Air Filter

 d)     Membersihkan Injector

 e)      Memeriksa battery dan busi

 f)       Memeriksa saluran bensin

 g)      Cara kerja gas tangan (Hand Grip)

 h)      Membersihkan dan Memeriksa bagian CVT

3.      Jarak tempuh 8.000 – 10.000Km

 a)      Mengganti oli mesin

 b)      Mengecek Rotasi Putaran Mesin (RPM)

 c)      Membersihkan Air Filter

 d)     Membersihkan Injector

 e)      Mengganti oli transmisi

 f)       Memeriksa oli shock breaker

4.      Jarak tempuh 16.000 – 20.000Km

 a)      Mengganti oli mesin

 b)      Mengecek Rotasi Putaran Mesin (RPM)

 c)      Membersihkan Air Filter

 d)     Membersihkan Injector Mengganti Air Filter

 e)      Mengganti V-Belt dan roller

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MLBB:DroneView

HiraKana App

Music Visualizer.apk! Listen your music with best experience!